Rabu, 07 Juni 2017

Tiga Karakter Kehidupan

*RENUNGAN: _"tiga karakter kebaikan"_*
👉 *Positif pasti.* Adalah perbuatan baik dilakukan karena menunggu kesempatan, atau menunggu hari maupun waktu baik, baru melakukan perbuatan baik. Karena *bersifat menunggu* maka kebaikannya berkarakter positif pasif.
👉 *Positif aktif.* Berbuat baik tidak menunggu waktu maupun hari baik, untuk melakukan perbuatan baik. Setiap waktu adalah *waktu baik atau kesempatan* untuk digunakan berbuat baik, karena perbuatan baik itulah, maka waktu maupun hari menjadi baik. Begitu aktif dan *tidak menunggu*, jenis kebaikan ini berkarakter positif aktif.
👉 *Positif kreatif.* Selain aktif berbuat baik untuk dirinya sendiri maupun buat orang  lain, juga selalu memotivasi maupun memberi contoh kepada pihak lain, agar *semua pihak* mau melakukan perbuatan baik. Karena selalu melakukan kebaikan dengan menggunakan *berbagai cara serta terobosan*, maka kebaikan jenis ini berkarakter positif kolektif.
👉 *_Positif pasti merupakan kebaikan lemah karena bersifat menunggu, positif aktif lebih baik serta kuat karena tidak mengganggu, dan yang terbaik adalah positif kreatif, karena banyak cara untuk melakukan kebaikan._*
✍ {B.Saddhaviro}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar